Temu Bina Tatalaksana Kasus Malaria

17 December 2023

Waya Cahmawati

Dinas Kesehatan Pegunungan Arfak dan Seluruh Puskesmas di Kabupaten Pegunungan Arfak

Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Arfak menyelenggarakan pertemuan pembinaan tatalaksana kasus malaria. Kegiatan ini melibatkan pengelola program malaria dari seluruh puskesmas di Kabupaten Pegunungan Arfak. Pertemuan ini merupakan langkah krusial dalam persiapan kabupaten untuk menghadapi penilaian eliminasi malaria. Fokus utamanya adalah meningkatkan keterampilan dalam tatalaksana kasus malaria bagi penanggung jawab program malaria dan ATLM di tiap puskesmas di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Praktik Pewarnaan Sediaan Darah Malaria
Praktik Pengambilan Sediaan Darah Malaria

Mengingat gold strandard penetapan kasus malaria menggunakan mikroskopi, sehingga dalam pertemuan ini peserta dilibatkan langsung, untuk melakukan praktik mengenai cara pengambilan sampel darah malaria hingga pewarnaan slide sediaan darah yang dipandu langsung oleh ahli Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Provinsi Papua Barat.

Selain pelatihan, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi pengelola program untuk melengkapi data dan penilaian eliminasi malaria. Hal ini bertujuan untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan informasi yang diperlukan. Pertemuan ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam peningkatan tatalaksana kasus malaria, tetapi juga menciptakan sinergi antara pihak terkait dalam upaya eliminasi penyakit tersebut di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *