SERENTAK 3 PUSKESMAS DI KABUPATEN MAYBRAT MELAKSANAKAN BIAS

9 November 2022

Rizard Iek

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah salah satu kegiatan operasional dari Imunisasi lanjutan yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar SD/MI kelas 1,2, dan 5. Tujuan pelaksanaan BIAS adalah untuk mempertahankan Eleminasi Tetanus Neonaturum, pengendalian penyakit Difteri dan penyakit Campak dalam jangka panjang melalui Imunisasi DT, TT dan Campak pada anak sekolah.    

Pada hari selasa 08 November 2022 pukul 10.00 Wit oleh UPT Puskesmas Aifat, Puskesmas Aifat Selatan dan Puskesmas Ayamaru Timur melaksanakan program pemberian Imunisasi kepada anak Sekolah Dasar di masing-masing wilayah kerja puskesmas dan di dampingi langsung oleh Kepala Puskesmas dan Juru Imunisasi. Pelayanan pemberian Imunisasi dilakukan di Sekolah Dasar yang berbeda yaitu, Sekolah Dasar YPK Emaus Susumuk, Sekolah Dasar YPK Silo Kambuaya dan Sekolah Dasar Kisor Kabupaten Maybrat.

Sebelum melaksanakan pemberian penyuntikan Imunisas, Kepala Puskesmas dan Juru Imunisasi di 3 Puskesmas tersebut serentak melakukan sosialisasi serta memberikan penyuluhan tentang Manfaat dan penting nya Imunisasi bagi anak di usia tingkat Sekolah Dasar.

Vaksin Imunisasi BIAS yang di berikan pada anak adalah penyuntikan jenis vaksin DT dan Campak di bagian lengan kanan. Sebelum melakukan penyuntikan anak-anak diberikan makanan berupa kue, minuman, dan petugas telah memastikan anak dalam kondisi yang sehat untuk mendapatkan penyutikan. Seluruh anak kelas 1,2 dan 5 telah mendapatkan Imunisasi dan setiap anak diberikan obat untuk menurunkan demam.

Adapun harapan dari Kepala Puskesmas, Juru Imunisasi dan para Guru di Sekolah Dasar, melalui program Imunisasi BIAS yang rutin dilaksanakan dapat mewujudkan gererasi A3 (Ayamaru, Aitinyo & Aifat) di Kabupaten Maybrat sehat dan berkualitas.

Rizard Iek-Pendamping Program Imunisasi Kabupaten Maybrat

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *