UPAYA MENINGKATKAN CAKUPAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) DI PUSKESMAS KARAS

10 November 2022

Nana Faridatul Isma

Hari Sabtu Pagi, Tanggal 5 November 2022, Tenaga Pendamping Imunisasi bersama Team Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak melakukan kunjungan ke Puskesmas Karas. Perjalanan laut yang di Tempuh dalam waktu 2 Jam 30 Menit dari Fakfak Kota, Sepanjang perjalanan ke Puskesmas Karas disuguhi pemandangan yang sangat indah. Team P2PM tiba di Puskesmas Karas disambut hangat oleh Bapak Kepala Puskesmas yaitu Bapak Ismail Yarkuran, Amd.Kep beserta staff Puskesmas Karas.┬á setelah berkoordinasi mengenai maksut dan tujuan kunjungan kami langsung diarahkan ke pengelola Bidang masing – masing.

Pendamping Imunisasi bertemu dengan pengelola imunisasi yaitu Bapak Saleh, Amd, Kep ditemani oleh bapak Kabid P2PM untuk melakukan supervisi supportif. Setelah memperkenalkan diri dan memberitahu maksut tujuan pendamping imunisasi mengingat keterbatasan waktu langsung melakukan wawancara dan meninjau langsung keaadan vaksin serta mengisi daftar tilik supervisi sesuai dengan kondisi yang ada di Puskesmas Karas.

Cakupan  imunisasi dasar lengkap (IDL) Puskesmas Karas berdasarkan data Januari – Agustus 2022 sebesar 36,26% yang mana masih jauh dari target. dari informasi yang diterima kurangnya cakupan ini disebabkan oleh beberapa faktor, selain kampung yang susah di akses, keterbatasan sinyal telepon, listrik yang hanya mengandalkan solar cell di siang hari dan masih banyaknya orang tua yang enggan membawa anaknya imunisasi baik di Puskesmas maupun di Posyandu, juga akses Puskesmas ke Kota untuk mengambil vaksin jauh apabila vaksin habis, Sehingga untuk mengambil vaksin membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup lama.

Menyikapi hal itu Pendamping Imunisasi Kabupaten Fakfak saat turun supervisi sudah membawakan stok vaksin imunisasi rutin dan vaksin untuk BIAS yang akan diserahkan ke Puskesmas Karas Demi menunjang kenaikan cakupan imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Karas. Dengan adanya stok vaksin yang tersedia diharapkan dapat mendongkrak angka kenaikan cakupan.

Vaksin Rutin dan Vaksin BIAS yang dibawakan Pendamping Imunisasi ke Puskesmas Karas

Tidak hanya vaksin rutin dan vaksin untuk BIAS pendamping imunisasi juga memperkenalkan My Village My Home (MVMH) dan membawakan contoh design spanduk MVMH yang sudah di print kepada pengelola imunisasi, pendamping imunisasi berharap sosialisasi ini akan diteruskan kepada kader pada saat Posyandu, Harapanya akan dibuatkan spanduk My Village My Home (MVMH) di beberapa Posyandu di Wilayah kerja Puskesmas Karas. hal ini bertujuan untuk efektifitas pemantauan dan pelacakan status imunisasi lengkap pada semua anak di wilayah setempat.

Design Spanduk My Village My Home (MVMH)

Setelah dilakukanya supervisi juga tidak ditemukannya adanya pencatatan dan pelaporan untuk kartu stok logistik vaksin dan pencatatan grafik pengukuran suhu cold chain, maka dihari itu tenaga pendamping imunisasi memberikan contoh kartu stok logistik vaksin dan kartu pencatatan suhu. 2 kartu ini bertujuan untuk monitoring ketersediaan stok vaksin dan memonitoring suhu agar kualitas vaksin tetap terjaga.

Penyerahan Kartu Stok Pengukuran suhu kepada Pengelola Imunisasi Puskesmas Karas

Beberapa upaya tersebut diharapkan dapat mendongkrak angka cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Puskesmas Karas, Pada saat evaluasi dan kunjungan berikutnya diharapkan selain adanya peningkatan cakupan, pencatatan dan pelaporan baik Pencatatan di PWS KIA, Kartu logistik vaksin, dan pemantauan suhu sudah tercatat dengan baik.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *